Home » » Konsep Pemodelan Proses

Konsep Pemodelan Proses



Konsep Pemodelan Proses
Pemodelan proses adalah cara formal untuk menggambarkan bagaimana bisnis beroperasi. Mengilustrasikan aktivitas-aktivitas yang dilakukan dan bagaimana data berpindah diantara aktivitas-aktivitas itu. Ada banyak cara untuk mempresentasikan proses model:

a)Flowchart (Bagan alir)
Flowchart sistem adalah suatu model logika yang digunakan untuk menggambarkan sistem secara fisik, menunjukkan arus dari suatu proses dalam program.
Ada lima macam bagan alir yaitu:
1) Bagan alir sistem (system flowchart
2) Bagan Alir Dokumen (Document Flowchart)
3) Bagan Alir Skematik (Schematic Flowchart)
4) Bagan Alir Program (Program Flowchart)
5) Bagan alir proses (proses flowchart)

b)Data Flow Diagram
Data Flow Diagram digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan. DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur (structural analysis and design).

c)Context Diagram
Merupakan DFD pertama dalam proses bisnis. Menunjukkan konteks dimana proses bisnis berada. Menunjukkan semua proses bisnis dalam 1 proses tunggal (proses 0). Context diagram juga menunjukkan semua entitas luar yang menerima informasi dari atau memberikan informasi ke sistem.

4 komentar:

  1. kayak mau buat software aja mas ada diagram ama flowchartnya tapi Konsepnya bener2 matang mas...

    ReplyDelete
  2. itu memang kemaren konsep buat program skripsi saya tentang aplikasi dekstop, saya post aja disini kali aja bermanfaat buat orang lain. :)
    makasih ya udah mampir...

    ReplyDelete

iklan

Blog Archive

Popular Posts

visitor