Home » » Sejarah Nagari Cupak Kabupaten Solok

Sejarah Nagari Cupak Kabupaten Solok


Sejarah Nagari Cupak Kabupaten Solok

Dikutip dari berbagai sumber dan forum  Ikatan Keluarga Cupak (IKC) Jabodetabek saya akan mengajak pemirsa untuk sedikit mengetahui tentang sejarah dan asal usul berdirinya sebuah Nagari yang sangat indah dan asri di kaki Gunung Talang KabupatenSolok yang bernama Nagari Cupak. Nagari Cupak berada di kaki Gunung Talang, sekitar 40 Km arah Timur Kota Padang menuju kota Solok. tepatnya di  perlintasan jalur Lintas Sumatra antara kota Solok-Padang yang di apit oleh beberapa Nagari diantaranya Nagari Talang, Nagari Jawi-Jawi, Nagari Gantung Ciri, Nagari Koto Anau, Koto Baru dan Muaro Paneh. Nagari Cupak merupakan salah satu penghasil utama Beras Solok dengan kualitas terbaik, selain itu Nagari Cupak juga merupakan salah satu sumber mata air  terbanyak di Kab. Solok. Tidak heran kalau anda berkunjung ke Nagari Cupak akan banyak sekali ditemui tempat-tempat pemandian (pincuran) dengan sumber mata air yang hangat dan panas. Di Nagari Cupak terdapat 5 suku diantaranya Suku Chaniago, Sikumbang, Piliang, Malayu dan Jambak Sejarah Nagari Cupak. Masyarakat di Nagari Cupak sangat terkenal dengan sifat kekerabatan dan kegotoroyongannya. Nagari Cupak dalam 2 tahun terakhir  juga menjadi salah satu tujuan utama para turis asing mancanegara hasil kerjasama Dinas Pariwisata & Budaya Kab. SolokDinas Pariwisata & Budaya Kab.Solok dengan pemerintah Nagari Cupak yang datang langsung dengan kapal pesiar untuk singgah di Nagari Cupak menyaksikan secara langsung prosesi adat istiadat asli Nagari Cupak yang masih sangat terjaga sampai sekarang ini.
Foto-foto sebagian Nagari Cupak
KAN  (Kerapatan Adat Nagari) Cupak

*update
untuk menambah referensi tentang sejarah Nagari Cupak berikut saya tambahkan dari berbagai sumber lainnya: Sejarah Nagari Cupak

Demikianlah sedikit profil dan sejarah tentang Nagari Cupak walau masih terdapat banyak kekurangan, semoga bermanfaat dan menambah sedikit wawasan kita tentang Nagari ini. Terimakasih.



0 komentar:

Post a Comment

iklan

Blog Archive

Popular Posts

visitor